Mampir Ke Pabrik Karpet Turki

Mampir Ke Pabrik Karpet Turki - Selain wisata religi dan alam, selama liburan di Turki traveler juga bisa mampir ke pabrik karpet. Selama di sana, traveler bisa melihat proses pembuatan karpet Turki yang kualitasnya oke punya.


Dalam tradisi Turki, apabila seorang keluarga ada yang menikah maka karpet adalah salah satu hadiah yang pas untuk pernikahan. Bahkan apabila ada seorang gadis yang ingin menikah, ia hanya memberikan kode kepada orangtuanya dengan minta dibelikan karpet.

Dengan cara itulah, kedua orangtuanya tahu bahwa anak gadisnya sudah siap untuk menikah. Karpet di Turki memang merupakan salah satu benda penting dalam tradisi keluarga di negara tersebut.

Kawasan Cappadocia terkenal sebagai penghasil karpet dan keramik kualitas unggulan. Di sini industri karpet dijadikan tempat wisata yang menarik. Para wisatawan di bawa masuk ke dalam tempat pembuatan karpet yang didesain begitu menarik.

Di dalamnya wisatawan bisa menyaksikan ibu-ibu sedang memintal benang dan bagaimana untaian benang yang ratusan dan bahkan ribuan bisa menjadi karpet yang indah. Satu karpet kecil bisa dibuat minimal 3 bulan hingga setahun lebih.


Semua yang hadir bisa melihat bagaimana kepompong dari ulat sutera direbus dan dipintal hingga menjadi benang sutera kualitas terbaik. Kemudian benang tersebut dibuat menjadi karpet. Tetapi, tidak semua karpet terbuat dari benang sutera, ada juga yang tersebut dari kapas atau wol.

Penjual menjelaskan perbedaan karpet buatan mesin dan karpet buatan tangan. Ada karpet yang 100% dari benang sutera atau campuran dari kapan atau wol. Untuk satu karpet kecil dari benang sutera dihargai USD 1500 (Rp 20,6 juta), sungguh harga yang fantastis.

Untuk karpet tua akan semakin mahal harganya. Semakin tua umur karpet tersebut dan semakin sering diinjak, maka benang-benang di dalam karpet tersebut semakin mengikat erat dan kuat. Jadi itulah sebabnya karpet tua menjadi sangat mahal di Turki selain karena nilai historisnya.


Pembeli tinggal memilih desain karpet yang diinginkan dan bisa dikirim langsung ke negara tujuan. Tanpa perlu repot-repot memikirkan pengirimannya.

Kalau diajak berkunjung ke toko karpet oleh biro perjalanan, apabila tidak ingin membeli jangan coba-coba menawar. Sebabnya, para sales akan mengejar hingga ke dalam bus.(Wisata Turki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments