Gulat Unta di Turki

Gulat Unta di Turki - Turki menjadi destinasi pilihan wisatawan karena budayanya yang khas Timur Tengah. Selain itu, keunikan budaya yang dimiliki Turki juga menyumbang sekian banyak turis yang mengunjungi Negara ini.


Salah satu keunikan budaya Turki adalah Gulat Unta Turki. Kebudayaan ini merupakan olahraga yang sudah menjadi budaya di daerah pantai barat Turki. Unta yang dipertandingakan khusus unta jantan, yang selanjutnya akan berkompetisi di stadion.

Sebelum bertanding, unta-unta jantan akan dihiasi terlebih dahulu. Hiasannya terdiri dari kain bercorak, pelana yang diukir, dan lonceng. Acara gulat unta biasanya juga disertai dengan musik dan tari.

Bukan hanya untanya yang dihias, para pemilik unta juga berdandan dengan memakai topi, syal, jaket, celana dan sepatu bot. Pada malam sebelum turnamen, panitia menggelar sebuah pesta untuk para pemilik unta dan pecinta gulat dimana mereka bisa bertemu teman-teman baru dan kenalan lama sambil menikmati hidangan yang ada.

Unta adalah hewan yang tidak pernah bertarung. Untuk bertanding gulat, para unta harus dibujuk terlebih dahulu oleh relawan. Maka jangan heran, jika gulat unta jadi lebih mirip acara komedi yang dilakukan oleh para unta.

Tradisi ini digelar ketika musim kawin tiba. Untuk memancing emosi sang jantan, unta betina akan dikeluarkan terlebih dahulu bak foto model untuk menarik perhatian sang jantan. Tak jarang adegan lucu terjadi saat unta tidak mau bertarung dan lari dari arena.

Pertandingan ini berdurasi 10 menit. Selama ini tercatat, tidak ada unta yang cedera dalam festival gulat ini. Poin yang didapat dari kompetisi ini bukan hanya pemenang gulat, tapi juga tampilan si unta yang sudah dihias semenarik mungkin.(Wisata Turki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »