Tips Hemat Belanja Oleh-oleh di Turki

Tips Hemat Belanja Oleh-oleh di Turki - Kalau bepergian ke luar negeri, yang ada di pikiran Anda, terutama perempuan adalah lokasi belanja yang murah dan unik. Selain tempat pariwisata bersejarahnya, Turki juga menawarkan tempat-tempat belanja yang biasanya dikunjungi turis.

Namun, tak semua tempat itu menawarkan barang-barang yang harganya ramah di kantong. Ada beberapa tips yang dapat digunakan, agar dapat menghemat pengeluaran shopping kita di negeri kebab itu.

Di Istanbul, ibu kota Turki, juga menawarkan banyak tempat shopping, namun ada satu tempat shopping yang menurut Awan Yulianto, penulis buku Wisata Hemat Turki: Istanbul dan Cappadocia, dapat dijadikan referensi agar kita dapat menghemat pengeluaran belanja kita.

"Untuk di Istanbul, sudah pasti wajib mengunjungi Grand Bazaar (Kapali Carsi)," kata Awan kepada CNN Indonesia, Kamis (17/9).

Grand Bazaar ini merupakan salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia. Dahulu pasar ini diprakarsai oleh Sultan Mehmed II, dimulai antara tahun 1456 hingga 1451. Pasar ini memiliki luas 54 ribu meter persegi, dan menjadi rumah bagi lebih dari 4.40 toko yang tersebar di 64 jalan.

Katanya, pasar itu dikunjungi oleh 250.000 orang per harinya.



Di pasar itu, Anda bisa menemukan berbagai barang, dari cinderamata, aksesoris, jam tangan, tas, koper, perhiasan emas, furnitur, barang antik dan tentunya karpet. Selain itu, harga barang di pasar ini tergolong murah dan dapat ditawar.

Selain Grand Bazaar, Awan menyarankan untuk mengunjungi Arasta Bazaar (Arasta Carsi). Terletak di satu lorong are belakang Sutanahmet Square dan Blue Mosque, dan menjadi salah satu pusat perbelanjaan menarik karena dibangun oleh para pejabat Ottoman pada abad ke-17 silam.



Arasta Bazaar yang bersejarah ini juga menjadi favorit wisatawan, karena suasananya lebih tenang dan barang yang dijual menarik. Beberapa di antaranya adalah keramik Turki, berbagai jenis karpet, cinderamata, pakaian dan perhiasan. Terdapat juga kafe di mana Anda bisa bersantai setelah belanjau atau wisata.

"Kalau mau lebih murah lagi, coba pergi ke lokasi yang bukan merupakan daerah turis," paparnya.

Daerah yang dimaksud Awan ini antara lain daerah stasiun kereta Sirkeci, atau di jalan-jalan kecil yang menuju Galata Tower di daerah Beyoglu.

Tawar-menawar juga menjadi hal yang lazim dilakukan di sana. Biasanya pedagang akan memberikan 'harga turis.' Oleh karenanya Anda tak perlu ragu untuk mengajukan penawaran. Di toko- toko kecil pun juga berlaku tawar-menawar. Meski sudah ada harga pastinya, namun Anda masih mungkin dapat diskon ketika membeli dalam jumlah yang banyak.

Jika Anda mencari oleh-oleh, harga souvenir di Turki juga terbilang murah. Kita bisa mendapatkan magnet kulkas, gantungan kunci atau dompet kain dengan harga 1-5 lira.

Untuk Anda yang ingin melihat dan mencoba sisi modern Istanbul dengan pusat perbelanjaannya yang megah, Anda bisa pergi ke daerah Nistansi, Etilier dan Levent. Anda dapat meraih tempat-tempat itu dengan naik metro jalur M2 dari Taksim.(Wisata Turki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »