Transportasi di Turki

Transportasi di Turki - ecara umum memasuki wilayah Negara Turki itu mudah karena Turki memiliki setidaknya 2 (dua) bandara internasional, 2 (dua) terminal bis internasional, dan 2 (dua) stasiun kereta internasional, Oh ya sebelum lupa, ketika nanti sudah sampai di Turki, maka salah satu hal yang mengasyikan untuk menjelajah berbagai tempat wisata di Turki adalah “menaklukan” selat Bosphorus dengan menggunakan ferry. Nah kembali lagi ke pengenalan alat transportasi local di Turki Usmani yang cantik ini:

Transportasi di Turki :TAKSI

Istanbul itu kota yang penuh dengan taksi, tapi teman – teman harus cermat ya, layaknya supir taksi di Jakarta maupun Bandung yang suka berpura – pura argometernya mati, nah di Turki juga kadang sama kejadiannya. Tipsnya kalau mau menggunakan taksi adalah pastikan dulu sebelum naik bahwa si Pak supir mau menggunakan argo-nya untuk menghitung berapa biaya yang perlu teman – teman keluarkan untuk menuju ke sebuah tempat wisata di Turki.

Transportasi di Turki : BIS

Terminal bis International turki atau dikenal dengan nama The International Istanbul Bus Station adalah terminal utama bagi bis yang menghubungkan antar kota dan antar negara. Secara lebih mudah terminal bis ini dikenal dalam bahasa setempat dengan istilah Otogar ya teman – teman. Berita baiknya adalah sistem pengoperasian bis antar kota di Istanbul sangatlah efisien, dimana bis – bis dengan jalur utama akan mudah dijumpai di Taksim Square, Besiktas, Aksaray, dan beberapa tempat lainnya serta mulai beroperasi pada pukul 6.30 pagi dan berakhir pada pukul 23.30 malam, selebihnya siapkan budget untuk naik taksi saja.

Transportasi di Turki : TREM


Sistem tran di turki beroperasi mulai dari Zeytinburnu dimana menghubungkn dengan bandar udara LRT ke Sultanahment dan Eminonu kemudian menyeberangi jembatan Galata ke Karakoy. Trem ini beroperasi setiap 5 menit dan jam 6 pagi hingga tengah malam. Trem juga beroperasi dari Kadikoy Square di sisi Turki yang “mepet” Asia hingga pemukiman eksklusif Moda.

Transportasi di Turki : Belediye Otobusu

Otobus atau bus milik pemerintah merupakan pilihan utama maysrakat untuk beraktivitas. Untuk mahasiswa internasional biasanya mendapatkan tarif diskon bahkan digratiskan.

Transportasi di Turki : Marmaray

Marmaray merupakan sejenis MRT yang membelah selat bosphorus. Project Marmaray sendiri merupakan cita-cita Sultan Abdulhamid II dan dapat direalisasikan pada tahun 2013. Dengan adanya Marmaray kemacetan Istanbul dengan kepadatan penduduk lebih dari 15.ooo.ooo berkurang.

Transportasi di Turki : Metro


Metro adalah jaringan MRT di dalam kota Istanbul dan kota-kota besar lainnya. Hampir 90% kota Istanbul saling terhubung dengan Metro. Jutaan masyarakat Istanbul menggunakan Metro setiap harinya.

Transportasi di Turki : Vapur

Vapur adalah kapal feri atau penyeberangan yang digunakan di kawasan selat bosphorus. Untuk perjalanan antar kota atau provinsi anda bisa menggunakan bus, pesawat terbang dan kereta listrik berkecepatan sangat tinggi.

(Wisata Turki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »