Kota Unik Goreme, Turki

Kota Unik Goreme, Turki  - Kota Goreme sangat unik. Kota ini terletak di lembah di daerah Cappadocia. Di sini, terdapat banyak sekali bukit yang terbentuk dari letusan gunung berapi jutaan tahun yang lalu.



Di bukit-bukit ini, terdapat gua-gua yang dulunya dijadikan tempat tinggal dan gereja. Dulunya, daerah ini merupakan tempat persembunyian umat Kristen dari kejaran tentara Romawi. Mereka bersembunyi di gua-gua batu. Kini, beberapa gua itu sudah dijadikan hotel. Di dalamnya, terdapat kamar-kamar mungil. Para wisatawan dapat menginap dengan nyaman di sini. Gua-gua yang dulunya gereja, juga masih terawat dengan baik.



Evil Eye 
Tak jauh dari Kota Goreme, ada lembah bernama Pigeon Valley (Lembah Merpati). Di tempat ini, ada sebatang pohon yang dipenuhi hiasan-hiasan bulat berwarna biru. Hiasan-hiasan ini disebut evil eye (mata setan.) Sebagian masyarakat Turki percaya, bahwa evil eye adalah jimat yang bisa menjauhkan mereka dari hal-hal yang jahat.



Kita bisa melihat evil eye di hampir setiap rumah, toko, restoran, kendaraan, bahkan di pesawat udara Turki. Ukurannya pun bermacam-macam. Ada yang besar sebagai hiasan dinding, ada pula yang mungil sekali sebagai mata cincin.



(Wisata Turki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »