Istana Topkapi

Istana Topkapi - Jejak-jejak Nabi Muhammad Saw dalam bentuk relikui (peninggalan barang atau benda suci) tak hanya bisa dijumpai di Makkah atau Madinah di Arab Saudi, kita pun bisa menjumpainya di wilayah yang agak jauh dari situ. Misalnya di Turki, atau tepatnya di Istana Topkapi.

Istana Topkapi 



Istana yang terletak di titik pertemuan Selat Bosphorus, Tanjung Tanduk Emas (Golden Horn) dan Laut Marmara ini merupakan bangunan khas Turki yang mempunyai taman-taman indah yang menghubungkan antara satu bangunan dan bangunan lainnya. Kompleks Istana Topkapi terletak di belakang bangunan Hagia Sophia (Aya Sofya).

Benda-benda yang terkait Rasulullah Saw terdapat pedang hitam (Pedang Nabawi), mantel, gigi (Nabi Muhammad Saw yang tanggal pada Perang Uhud), bakiak, tasbih kayu, bendera, cambuk, segenggam janggut, sajadah, tongkat, busur panah, sabuk, stempel dan berbagai benda lainnya. Selain itu, terdapat pula pedang-pedang milik ke-empat sahabat Rasulullah Saw, Khulafaur Rasyidin di antaranya pedang Abu Bakar as-Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Kemudian yang paling menakjubkan adalah cetakan telapak kaki kanan Nabi Muhammad Saw. Telapak kaki kanan itu tercetak saat peristiwa Mi’raj. Sedangkan telapak kaki kirinya kini tersimpan di Masjid Al Aqsa, Jerusalem, dan masih banyak peninggalan sejarah lainnya yang bisa anda lihat di Istana Topkapi .(Wisata Turki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »