Safranbolu

Safranbolu adalah sebuah kota tua berciri khas Kekaisaran Ottoman yang bertahan hingga detik ini. Gaya arsitektur bangunan dan jalan di lingkungannya tercipta berdasarkan standar arsitektur perkotaan dalam periode kekaisaran tersebut. Tipikal bangunan berangka kayu dan dinding bercat putih, dan dengan kontur tanah yang berbukit-bukit. Kehadiran gang-gang kecil bernuansa Eropa masa lampau semakin menambah daya tarik kota ini untuk dieksplorasi. Saking terawatnya, kota kecil yang cantik ini mendapatkan status UNESCO World Heritage Site pada tahun 1994.

Safranbolu



Sebagai penghasil saffron yang dapat dibilang terbaik di dunia, Safranbolu mendapatkan namanya dari kata “Saffron-polis” atau Kota Saffron. Kita dapat menikmati pemandangan seluruh kota dari atas bukit dengan mengunjungi Historical Museum of Safranbolu yang berwarna kuning terang, ataupun mengunjungi Hidirlik Hill.



Dua tempat ini saling berseberangan di puncak bukit dan dipisahkan oleh lembah. Kamu juga dapat mencoba Hamam, pemandian a la Turki, di Tarihi Cinci Hamam (Historical Cinci Bath) yang terletak di pusat kota. Jangan lupa menyesap teh atau kopi Turki dan mencicipi baklava serta lokum yang berbahan dasar saffron di kafe kecil Safrantat atau Imren Lokumlari, sambil menikmati kesibukan kota yang hanya bertahan hingga maghrib(Wisata Turki)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »